Lembar Tugas Siswa Materi Genetik

XII IPA 1
Kelompok 7
Nama anggota :
Auliya ramadhanti
Elsa fadhilah rahmi
m. anta azka
risky hartati wulandari
tiurma hellena sihombing
ziqra fatwandi

LEMBARAN TUGAS SISWA MATERI GENETIK

PENJELASAN MATERI PEMBELAJARAN

          DNA dan RNA merupakan asam nukleat yang berkaitan dengan hereditas. Menurut Watson-Crick, DNA sebagai struktur gen berupa tangga tali berpilin ganda (double helix), ikatan gula dan fosfat sebagai ibu tangga, sedangkan ikatan basa nitrogen yang dihubungkan dengan ikatan hidrogen sebagai anak tangga. Serangkaian basa nitrogen merupakan kode genetik. DNA dan RNA terlibat dalam sintesis protein berlangsung melalui dua tahap, yaitu transkripsi dan translasi.
          Baik DNA maupun RNA tersusun dari nukleotida; ikatan kimia antara gula, basa nitrogen , dan fosfat. Nukleotida tanpa fosfat disebut nukleosida.
          Struktur DNA berupa tangga tali berpilin, dengan ibu tangga berupa gula deoksiribosa dan fosfat, serta anak tangga berupa iakatan basa nitrogen yang dihubungkan dengan ikatan hidrogen yang bersifat lemah, mudah patah/lepas. Basa nitrogen tersebut adalah Guanin (G) berpasangan dengan Sitosin (C) yang dihubungkan oleh tiga ikatan hidrogen. Sementara Timin (T) berpasangan dengan Adenin (A) dihubungkan dengan dua atom hidrogen.
          RNA berupa rantai tunggal pendek tersusun dari senyawa fosfat, gula ribosa, dan basa nitrogen terdiri atas Guanin (G), Sitosin (C), Adenin (A), dan Urasil (U). Pada RNA tidak terdapat Timin melainkan Urasil.
          DNA dapat melakukan replikasi, Yaitu membentuk DNA baru yang sama persis dengan DNA asal. Ada tiga macam teori replikasi DNA, yaitu teori konservatif, dispersif, dan semikonservatif.
          Thomas Hunt Morgan, seorang ahli genetika berpendapat bahwa gen adalah substansi hereditas, yang oleh Gregor Mendel disebut faktor penentu/elemen determinan. Fungsi pokok gen adalah mengatur perkembangan dan metabolisme individu serta menyampaikan informasi genetik pada generasi berikutnya. Sifat gen anatara lain dapat menduplikasikan diri menjadi dua bentuk yang sama persis, mengandung informasi genetik serta merupakan zarah tersendiri yang menempati lokus tertentu dalam kromosom. Lokasi khusus yang ditempati gen dalam kromosom disebut lokus gen. Gen-gen pada lokus yang berseusaian pada kromosom homolog disebut alel.
          Kromosom tampak jelas pada saat membelah. Secara garis besar, struktur kromosom terdiri atas setromer dan lengan kromosom. Letak setromer dapat digunakan untuk menentukan tipe kromosom seperti metasentrik, submetasentrik, telosentrik, dan akrosentrik. Kromosom homolog adalah kromosom yang berpasang-pasangan. Kromosom sel somatik bersifat diploid (2n) karena kromosomnya berpasang-pasangan. Adapun kromosom sel kelamin (gamet) bersifat haploid (n) karena kromosomnya tidak berpasangan. Kromosom menentukan sifat individu. Kromosom yang menetukan jenis kelamin disebut gonosom sedangkan kromosom yang tidak menentukan jenis kelamin disebut autosom. Jumlah kromosom tubuh adalah jumlah kromosom sel dikurangi dua (2). Contohnya pada tubuh manusia jumlah kromosom 46, maka jumlah autosomnya 46 – 2, yaitu 44. Jumlah kromosom yang terdapat dalam sel pada organisme-organisme barvariasi.

TUGAS SISWA
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan singkat dan benar!
1.    Bagaimana macam kode genetik terbentuk dan bagaimana cara memahami pesannya?
Jawab : Dari proses replikasi DNA yaitu pembentukan untauian DNA baru dari yang lama.replikasi DNA ada 3 cara yaitu,konseruatif yang DNA barunya sama persis dengan DNA lama,semi konseruatif yang DNA baru sama dengan DNA lama tapi satu untai DNA baru berbeda dari yang lama,dan dispersive yang DNA barunya merupakan gabungan DNA lama dengan DNA baru. Setelah itu lanjut memasuki tahap sintesis protein, kode genetik dibawa DNA sense untuk disampaikan ke  Mrna melalui proses transkripsi.
2.    Jelaskan materi dan bagian yang terlibat dalam sintesis protein, dan prediksikan apa yang terjadi apabila terjadi kesalahan penefsiran kode genetik?
Jawab : Bahan dasarnya ada 20 macam asam amino yang terlibat adalah RNA yang terdiri atas 3 macam, yaitu :
·         Mrna atau RNAD untuk menyamoaikan kode genetik dari DNA
·         Trna untuk menerjemahkan kode genetik
·         RRNA untuk menjaga kondisi ribosom pada sintesis protein. Apabila ada kesalahan maka akan terjadi kelainan karena kelebihan produksi hormon.



3.    Lengkapi urutan basa nitrogen berikut sehingga tersusun menjadi rantai DNA yang lengkap. Kemudian jawablah pertanyaan yang diberikan.

1.    Sudahkan skema (a) diatas membentuk rantai DNA yang lengkap?

Hitunglah berapa jumlah nukleotida yang terbentuk.
2.    Apakah bedanya nukleotida dengan nukleosida?
3.    A = T, apakah arti simbol tersebut?
4.    Dari skema rantai (b) di atas, manakah yang berperan sebagai kode genetik?

Jawab :

1.    Tidak lengkap, karena rantai DNA dikatakan lengkap apabila satu nukleotida terdiri satu fosfat, 1 gula deoxiribosa dan satu basa nitrogen. Tidak ada nukleotida yang terbentuk dengan satu gula deoxiribosa dan satu basa nitrogen.
2.    Nukleotidak tersusun dari 1 fosfat, 1 gula deoxiribosa, dan 1 basa nitrogen.
3.    Adenin (A) : Timin (T), artinya persentase jumlah adenin sama dengan timin.
4.    Basa nitrogen.

4.    Terdapat urutan basa nitrogen sebagai berikut pada sepotong rantai DNA sense.

CAA    CAC    GGC    TAC    TGT

a.    Tuliskan basa nitrogen komplemennya?
b.    Bagaimana hasil transkripksinya?
c.    Apa bedanya transkripsi dengan replikasi?
d.    Tuliskan antikodon yang dibentuk?




Jawab :
a.    GTT    GTG    CCG    ATG    ACA
b.    GUU    GUG    CCG    AUG    ACA
c.    Transkripsi adalah proses pembuatan Salinan RNA dari gen individu yang dapat digunakan sel dalam biokimia. Sedangkan replikasi untuk melestarikan seluruh genom bagi generasi selanjutnya.
d.    CAA    CAC    GGC    UAC    UGU



e.    Tuliskan macam asam amino yang dipesan berdasarkan tabel di bawah ini?
Jawab : GUU : valin

GUG : valin
CCG : prolin
AUG : metiolin
ACA treonin


5.    Berdasarkan letak setromernya kromosom dibagi menjadi empat jenis, jelaskan jenis kromosom seperti pada gambar di bawah ini, dengan singkat dan jelas!

Jawab :  metasentrik : terletak di tengah , Akrosentrik : terletak di dekat ujung, submetasentrik :mendekati ke tengah , telosentrik : terletak di ujung.

6.    Buatlah kariotype kromosom dari : padi, tebu, bawang merah, kucing, lembu, dan ikan mas seperti tertera pada tabel di bawah ini.

Jawab :  Padi :        22A + 2G
Tebu :       84A + 2G
Kucing :     36A + 2G
Bawang merah : 14A + 2G
Lembu :     58A + 2G
Ikan mas :  92A + 2G

Komentar

Postingan Populer